Anggaran Penjualan
"Anggaran yang menerangkan secara terperinci tentang penjualan perusahaan dimasa datang dimana didalamnya ada rencana tentang jenis barang, jumlah, harga, waktu serta tempat penjualan barang.
Agar anggaran penjualan lebih teliti dan meyakinkan maka diperlukan "Tim Peramal Penjualan" yang terdiri dari beberapa ahli dari bidang distribusi dan didukung oleh ahli-ahli bidang keuangan, produksi dan dari bidang lainnya. Peramalan penjualan akan menilai target penjualan yang akan dicapai sebagai dasar penjualan.
Tujuan utama dari anggaran penjualan adalah:
1. Mengurangi ketidakpastian dimasa depan
2. Memasukkan pertimbangan /keputusan manajemen dalam proses perencanaan
3. Memberikan informasi dalam profit planing control
4. Untuk mempermudah pengendalian penjualan
Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam rangka penyusunan anggaran penjualan antara lain:
1. Penelitian dan peramalan penjualan
2. Fungsi anggaran penjualan
3. Tahap-tahap peramalan penjualan
4. Metode peramalan penjualan
Fungsi Anggaran Penjualan
1. Anggaran penjualan adalah dasar perencanaan atas kegiatan perusahaan pada umumnya.
2. Anggaran penjualan sebagai alat koordinasi dan mengarahkan setiap pelaksanaan divisi Pemasaran.
3. Anggaran penjualan sebagai alat pengorganisasian .
Anggaran penjualan sebagai alat pengawasan bagi manajemen.
Anggaran Produksi
Anggaran Produksi adalah skedul rinci yang mengindentifikasikan produk-produk atau jasa yang mesti dihasilkan atau disediakan untuk memenuhi penjualan yang dianggarkan dan kebutuhan-kebutuhan persediaan.
Anggaran Tenaga Kerja Langsung
Anggaran tenaga kerja langsung disusun dengan mengacu kepada anggaran produksi.
Tujuan Utama adalah untuk mempertahankan tenaga kerja yang memadai dalam rangka memenuhi kebutuhan-kebutuhan produksi namun tidak menyebabkan waktu menganggur yang makan biaya.
Anggaran Overhead Pabrikasi
Anggaran Overhead Pabrikasi adalah skedul rinci taksiran biaya pabrikasi, selain biaya bahan baku langsung dan biaya tenaga kerja langsung yang harus dikeluarkan untuk memenuhi ekspetasi-ekspetasi produksi produksi di masa yang akan datang.
Anggaran overhead pabrik mempunyai dua tujuan
1. Mengintegrasi anggaran biaya overhead pabrik ke unit-unit produk selama anggaran
2. Menghitung tarif overhead pabrikasi untuk periode akutansi yang akan datang.
Anggaran Beban Penjualan dan Administratif
Berisi daftar antisipasi prediksi beban dalam bidang-bidang selain pabrikasi yang akan dikeluarkan dalam periode anggaran.
Beban penjualan adalah beban-beban promosi, penjualan, dan pengiriman produk kepada pelanggan.
Beban Administratif adalah biaya yang berkaitan dengan aktivitas-aktivitas seperti pemberian arahan umum bagi perusahaan dan penyediaan jasa bagi personalia
Anggaran Kas
Adalah suatu rencana rinci yang memperlihatkan bagaimana sumber-sumber daya kas akan diperoleh dan memaparkan kapan pengeluaran kas
Sumber : www.google.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar