Minggu, 07 November 2010

Tulisan 1Mata Kuliah Etika Bisnis

Landasan Moral dan Etika Dalam Pemeliharaan Hubungan Produsen Dengan Konsumen

Di era globalisasi ini, bisnis makin berskala dunia dan orang sering tergoda untuk melupakan etika dalam penyelenggaraan bisnis. Contohnya pada promosi ada perusahaan yang mengiklankan produknya dengan cara membesar-besarkan manfaatnya di luar proporsi yang wajar merupakan tindakan yang tidak dapat di pertanggungjawabkan secara moral dan etika.
Menurut para pakar dan filsuf yang mencoba mendalami teori etika telah mengembangkan berbagai konsep yang berhubungan dengan berbagai segi kehidupan dan penghidupan manusia. Sebagian diantaranya dapat diterapkan dalam pemeliharaan hubungan suatu perusahaan dengan para konsumennya.
Dalam melakukan transaksi antara perusahaan dengan para konsumennya, kedua belah pihak harus menerapkan berbagai norma moral dan etika yang berlaku di lingkungan masyarakat dimana transaksi tersebut terjadi. Dengan kata lain mengelola bisnis berdasarkan norma , moral, dan etika merupakan tanggung jawab perusahaan. Hal itu terlihat pada empat hal dibawah ini :
1. Produk yang mampu memenuhi kebutuhan para penggunanya
2. Penyediaan informasi yang jujur dan faktual tentang produk yang dihasilkan
3. Mutu produk
4. Keamanan penggunaan produk tersebut

Berdasarkan hal yang dikemukakan diatas landasan moral dan etika dalam pemeliharaan hubungan produsen dengan konsumen sangat diperlukan. Selain untuk keberlangsungan perusahaan , tetapi juga untuk menciptakan usaha atau bisnis yang sehat , sehingga dapat terjalin hubungan yang baik dan kesetiaan konsumen terhadap produk yang di produksi perusahaan.

Sumber: Buku Etika Bisnis , karangan Prof Dr Sondang P. Siagan MPA. 1996. Pustaka Binaman Pressindo. Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar