Perkembangan Zaman Mengubah Segmentasi Pasar Produk Handphone Dari Yang Berdasarkan Faktor Demografis Menjadi Psikografis
Di masa sekarang ini bisnis dan perdagangan di Indonesia menunjukkan peningkatan yang signifikan .Hal ini ditunjukkan oleh beragamnya jenis usaha yang diupayakan masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.Tentu saja hal tersebut membuka peluang usaha bagi perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dengan memproduksi barang dan menciptakan beragam jasa .Namun sebelum perusahaan melakukan hal itu.Perusahaan perlu membagi-bagi (mensegmentasikan) pasar tersebut.
Hal itu dikarenakan perilaku konsumen pada realitanya (kenyataan) lebih bersifat heterogen.Karena itu perusahaan perlu mengelompokkan pasar yang heterogen tersebut kedalam bagian-bagian pasar yang mempunyai perilaku yang lebih seragam. Selain itu segmentasi diperlukan karena apabila pasar terlalu luas dan berperilaku sangat beragam, perusahaan dapat memilih satu atau beberapa segmen pasar saja.Sehingga kapasitas pasar dapat lebih sesuai dengan luas segmen-segmen pasar yang terbentuk.
Segmentasi pasar sendiri bagi produk perusahaan satu dengan yang lain belum tentu sama.Segmentasi untuk pasar konsumen yang paling umum dapat digunakan adalah aspek geografis, demografis, psikografis, dan perilaku.Dari keempat segmentasi tersebut menurut penelitian atau riset pemasaran yang dilakukan banyak perusahaan.Faktor psikografis (sikap, motivasi, persepsi, ,dsb).Paling banyak mempengaruhi konsumen dalam proses pengambilan keputusan membeli suatu barang.Hal tersebut tercermin pada sikap konsumen dan gaya hidup konsumen yang sekarang ini cenderung konsumtif dan terkadang kurang memperhatikan produk yang mereka beli dan lebih mengutamakan kepuasan memiliki barang tersebut.
Inilah yang banyak digunakan perusahaan untuk menjadi dasar penetapan strategi pemasaran.
Salah satu perilaku konsumen yang lebih mengutamakan sikap,motivasi dan persepsi dalam membeli produk dapat terlihat dalam pembelian produk Handphone yang sekarang ini muncul dengan gencarnya dengan berbagai merek yang ditawarkan. Di era terdahulu orang menganggap penggunaan Handphone untuk memberikan kemudahan bagi pengusaha untuk menghubungi para klien dan rekan usahanya.Selain pengusaha .Handphone juga memberi kemudahan komunikasi bagi pegawai swasta maupun pegawai negeri.Hal ini menandakan bahwa di era terdahulu Handphone disegmentasikan untuk seseorang yang telah dewasa dan memiliki pekerjaan yang profesional serta mampu mencukupi kebutuhan hidupnya sendiri.
Namun seiring dengan perkembangan zaman segmentasi tersebut mengalami pergeseran dari segmentasi yang berdasarkan demografis menjadi psikografis.Hal tersebut dikarenakan pengunaan Handphone sekarang ini telah dinikmati oleh semua kalangan umur dan bukan hanya untuk pekerjaan yang membutuhkan tingkat profesional yang tinggi.Sekarang ini Handphone bahkan telah digunakan oleh anak-anak yang masih sekolah dari tingkat sekolah dasar sampai tingkat mahasiswa perguruan tinggi.Disini artinya pengunaan Handphone saat ini memiliki nilai tambah bagi pengunanya selain untuk komunikasi dikalangan semua umur .
Ternyata kepemilikan Handphone memberi kepuasan tersendiri bagi penggunanya .Apalagi di zaman era globalisasi ini yang hampir semuanya menggunakan system online yang mungkin mengharuskan masyarakat untuk menggunakan handphone bukan hanya untuk komunikasi tetapi untuk selalu update dengan informasi dari waktu ke waktu .Jadi dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa segmentasi pasar dapat berubah seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju.
Namun seiring dengan perkembangan zaman segmentasi tersebut mengalami pergeseran dari segmentasi yang berdasarkan demografis menjadi psikografis.Hal tersebut dikarenakan pengunaan Handphone sekarang ini telah dinikmati oleh semua kalangan umur dan bukan hanya untuk pekerjaan yang membutuhkan tingkat profesional yang tinggi.Sekarang ini Handphone bahkan telah digunakan oleh anak-anak yang masih sekolah dari tingkat sekolah dasar sampai tingkat mahasiswa perguruan tinggi.Disini artinya pengunaan Handphone saat ini memiliki nilai tambah bagi pengunanya selain untuk komunikasi dikalangan semua umur .
Ternyata kepemilikan Handphone memberi kepuasan tersendiri bagi penggunanya .Apalagi di zaman era globalisasi ini yang hampir semuanya menggunakan system online yang mungkin mengharuskan masyarakat untuk menggunakan handphone bukan hanya untuk komunikasi tetapi untuk selalu update dengan informasi dari waktu ke waktu .Jadi dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa segmentasi pasar dapat berubah seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar