Jumat, 13 November 2009

tugas 3

Nama : Oqiana Febrianti
NPM : 11207259
Kelas : 3EA01

Analisis Jurnal

Judul : Pengaruh Kualitas Teknik, Kualitas Fungsional Dan Aktivitas Pemasaran Tradisional Terhadap Citra Perushaan Pt. Telkom Kantor Daerah Tasikmalaya

Penulis : Kartawan 1),Toto Sugiharto,2)Sumarna
Sumber : www.repository.gunadarma.ac.id

Latarbelakang
Mengglobalnya dunia ditandai dengan semakin tingginya mobilitas barang dan juga orang dari suatu tempat ke tempat lain. Kondisi ini telah mendorong semua perusahaan berpikir untuk mencari solusi bagaimana agar perusahaan tetap bertahan dan memenangkan persaingan.Oleh karena itu perusahaan senantiasa berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan citra perusahaan yang baik.
Tujuan Penelitian
Mengukur dan menganalisis persepsi konsumen tentang citra PT. Telkom Kandatel Tasikmalaya.
Mengukur pengaruh dari kualitas teknik, kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran tradisional terhadap citra perusahaan PT. Telkom kantor daerah Tasikmalaya.
Masalah Penelitian
Citra PT. Telkom kantor daerah telekomunikasi kandatel Taksimalaya dihadapan para pelanggan belum sepenuhnya diketahui .
Pengaruh kualitas teknik, kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran tradisional terhadap citra perusahaan PT. Telkom kantor daerah Tasikmalaya belum secara jelas diketahui.
Metodologi Penelitian
Teknik pengambilan sampel
Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Telkom yang berada diwilayah kodya Tasikmalaya , sebanyak 22,475.Dengan menggunakan formula sebagai berikut : (Zikmund,1996).
n = N
1+ N e²

Dimana :
n = ukuran sampel yang diperlukan
N= ukuran populasi
e²= Tingkat kesalahan 10 %
menggunakan rumus diatas maka sampel yang dibutuhkan dalam penelitian adalah 100.
Operasionalisasi Variabel
Dalam penelitian ini variable yang dikaji adalah kualitas teknik (fasilitas dan penampilan fisik dalam melayani konsumen), kualitas fungsional(proses pelayanan berupa interaksi antara PT. Telkom dan pelanggan) dan aktivitas pemasaran tradisional(kegiatan beberapa promosi dan penetapan tarif) , dan citra perusahaan.
Analisis Data
Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini telah diuji , yakni uji validitas dan uji reliabilitas .Untuk melihat kelemahan dan kekuatan hubungan semua dimensi pada variable bebas (kualitas teknik, kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran tradisional)dan variable terikat (citra perusahaan) digunakan analisis korelasi spearman.
Dengan rumus :
r = 1 – 6 ∑d² r : koefisien korelasi linier rank Spearman
n(n²-1) d : x – y
n : besar sampel
Sedangkan untuk melihat besarnya pengaruh kualitas teknik, kualitas fungsional dan aktivitas pemasaran tradisional terhadap citra perusahaan digunakan analisis regresi
Dengan rumus :
Persamaan Regresi Linier Sederhana a = Konstanta
Y= a + b (X) b = Koefisien Regresi
Y = Variabel dependen
X = Variabel Independen
Hasil PenelitianBerdasarkan hasil analisis diatas diketahui bahwa variabel-variabel tersebut mempunyai kontribusi yang signifikan dalam membentuk dan membangun citra perusahaan.Hal ini di indikasikan oleh nilai statistik uji yang cukup besar (F = 208,849).Besarnya pengaruh ditunjukkan oleh koefisien determinasi (R²) yaitu sebesar 0,479,artinya variasi dari citra dapat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar